23 July 2019

Game Level 4 Hari 10

Nau suka bangett tiap aku ajak masak.
Kalo dia udah kelihatan bete bosen sama mainannya, biasanya aku alihkan dengan ngajak masak bareng.
Well kalo di rumah oma yangti jelas gabakal boleh karena anak-anak dilarang keras ke dapur haha tapi berhubung rumah kami masih segitu aja jadi dapurnya ya nyatu sama ruangan main dia, jadi dia gampang banget nyamperin aku masak.

Dua minggu belakangan aku baru mulai sering kenalin nau dengan aktivitas masak. Kosa katanya seputar bahan pangan nambah alhamdulillaah. Semoga banyak manfaat pelajaran yang bisa nau serap dari sekedar ikut aku masak xixixi.

A: Nau tampak mendengarkan dan menyimak dengan baik apa nama bahan pangan dan bumbu-bumbu yang sedang aku gunakan untuk masak
V: -
K: Nau gak sabaran mau ikutan masak, selalu pengen masak, tapi nurut ketika aku bilang ini punya mau, nau pakai punya nau. Seketika dia minta turun dan ambil peralatan masaknya, terus dibawa ke deket aku masak, lalu dia copas semua kegiatan masakku hari itu haha.

Well so far nau masih agak sedikit lebih dominan bagian kinestetiknya. Tapi kami sebagai orangtua tidak mau secepat ini ketuk palu. Khawatir jika salah gaya belajarnya, nanti kurang optimal penyerapannya. Bismillaah lanjut belajar lagiii 💪

20 July 2019

Game level 4 hari 7

aMengamati gaya belajar anak

Bermain waterbeads

Sudah lama nau minta ngajak main waterbeads tapi dasar emak males beresinnya kalo berceceran jadi ntar-ntar deh pas waras haha.

Kembali mengamati gaya belajar nau ketika main waterbeads. Terakhir main ini, usianya belum ada 2tahun hehe.

A: Nau minta disebutkan warna-warna dari waterbeads yang dia pegang dan dia ulangi pengucapannya

V: Nau sorting color

K: Nggak betah, keburu pindah lagi kedistract ini itu 🤣

Kurang antusias sepertinya, padahal dia sendiri yang minta 🤣

19 July 2019

Game level 4 hari 4

Mengamati Gaya Belajar Anak

14 juli 2019

Sempet heran juga kalau denger keluhan teman-teman yang anaknya susah banget diajak mandi sampai harus dibujuk diiming-imingi bahkan diseret 😅 Well karena kami alhamdulillah tidak di posisi itu haha.

Nau suka banget mandi. Suka banget main air. Suka berenang. Ya. Sesuka itu memang. Bahkan kadang dia yang minta aku untuk ngajak mandi padahal ibuknya lagi mager haha.

Sambil mandi, adaaa aja yang dia bawa. Ya mangkok ya gayung mini ya figur hewan ya uang koin dan lain-lain. Kali ini, nau membawa macan-macanan dan mangkok mini.

Masih ketiga tipe gaya belajarnya bekerja, belum ada yang dominan.

A: Sesekali menggumam sendiri, menirukan suara hewan mainan yang dibawa, berekspresi dengan suaranya
V: Mengamati aliran air dari lantai menuju ke lubang pembuangan air, mengamati wujud sabun busa dan gelembung
K: Memandikan hewan, transfer play air ke wadah-wadah, mandinya pun sambil lompat-lompat 🙂

Game level 4 hari 3

Mengamati Gaya Belajar Anak

13 juli 2019

"Ya Allah jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang tetap melaksanakan sholat. Ya Rabb kami, perkenankanlah doaku."
(QS Ibrahim:40)

Soal tauhid, soal agama , soal sholat, kami mati-matian untuk nau. Sedini mungkin kami ajak nau sholat bersama. Jadi anak shalihah ya naaak :")

Hampir selalu aku melibatkan nau sejak dini untuk ikut sholat bersamaku. Pas masih bayi, dia ku taruh bouncer di sampingku ketika aku sholat. Dan sekarang, ketika dia udah punya, dia looks hepi setiap waktu sholat. Mengambil mukenanya dan dipakai.

Dari sini, satu dua poin gaya belajar yang aku amati adalah ketiganya. Auditory dia mampu menangkap ketika aku mengucap takbir dan ikut mengucapkan. Dominan di visual dan kinestetiknya untuk setiap praktik sholat ini. Visual karena dia olwes terdistract dengan gorden yang gerak-gerak ketiup angin. ya memang di depan tempat kami sholat ad jendela yang tertutup gorden. Atau terdistract dengan sajadah yang lecek terinjak kakinya lalu dia betulkan. lecek lagi, betulkan lagi. gitu terus 🤣. kinestetik karena dia hampir belum pernah mengikuti sholat ku dari takbiratul ihram sampai salam dengan tenang. Ya gerak-gerak, lompat-lompat, lari-lari balik lagi, dan akhirnya lari kabur beneran untuk main yang lain 😊🤣

18 July 2019

Game level 4 hari 2

Mengamati Gaya Belajar Anak

12 Juli 2019

Masih belum nemu celah gaya belajar nau secara spesifik teoritis. Karena kinestetik hanya aku lihat dari tingkah laku beliau yang kesana kemari ndak ada selesainya. Untuk soal belajar, belum spesifik -di hari ini-.

Nau loves singing. Dinyanyiin lebih tepatnya. Dia suka minta dinyanyikan sesuatu yang bikin hepi.

Di sisi lain, dia suka sekali belajar hijaiyah sambil lompat-lompat di atas kasur.

Di sisi lainnya lagi, dia menikmati puzzlenya dan fokus dengan tidak terpengaruh ruang sebelah yang lagi nyetel doraemon.

:")

Hari 2 : Gaya Belajar Anak : V ✔️ A ✔️ K ✔️

Game level 4 Hari 1

Mengamati Gaya Belajar Anak

Sungguh sulit sekali aku konsisten dalam menulis pengamatan di level ini 😭 Karena bulan ini adalah bulan untuk nau toilet training, yang pastinya menguras emosi jiwa raga ayah dan ibuk 😭😭😭 hwaaa semangat 💪💪

Hari 1 . 11 Juli 2019

Kami belum tau apa gaya belajar nau. Masih 2tahun euy hehe. Dan yang aku pernah pelajari dari dr.pinan bahwa aku tdk bisa menjudge anak aku kinestetik padahal anak aku masih 1 tahun 2 tahun krna di dunia kedokteran itu bisa ditetapkan ketika anak 4 tahun. Sama halnya dengan menjudge anak kidal, ndak bisa diputuskan ketika anak 1-2 tahun.

Ayah nau adalah pembelajar visual dan mama nau adalah pembelajar kinestetik. Nau? Belum tau, bener-bener belum nemu kunci belajar nya doi haha. Tapiii kalau tanpa memperhatikan poin-poin detil setiap tipe gaya belajar, rasanya pengen nyebut nau itu kinestetik buangeeeet saking aktifnyaaaa dan susah dipegang 😭😆😂

Lets see.

* Hari 1 : Gaya belajar anak : K ✔️

29 June 2019

Game level 3 Hari 10

Mengasah kecerdasan anak - intelektual.

Sudah lama rasanya kami tidak mengajak nau bermain sambil belajar dengan mainan-mainan edukasi. Hari ini kami mengajak nau bermain lego. Kami pernah mengenalkan lego bentuk balok pada umumnya ke nau tapi dia kurang tertarik. Kurang sensitif dengan lego. Tapi kami tahu betul bahwa lego banyak manfaatnya. Saat itu kami berharap kelak nau tertarik lego.

Hari ini kami mengenalkan kembali lego ke nau. Tapi dalam bentuk lain. Lego roket yang hits pada zamannya. Iya lego jadul memang haha.

Masyaa Allaah tabarakallaah. Responnya baiik. Nau tertarik. Entah karena memang sudah waktunya sesuai usia atau karena bentuknya unik atau yang lainnya.

Dan nau mulai memainkannya, mengasah motoriknya dengan menghubungkan keping lego satu dan lainnya. Mengasah sensorinya dengan melakukan sorting color. Masyaa Allaah 😍