27 November 2013

Stop Buang Makanan!



Hayoo ngaku, pasti banyak dari pembaca semua yang paling tidak pernah buang makanan? Atau bahasa halusnya, “menyisakan makanan”? Pasti udah tau kan kalau hal itu dibenci agama dan merugikan kita semua. Nggak perlu gengsi untuk menghabiskan makanan, takut dikira rakus, dan lain-lain, karna semua yang udah kamu lakukan adalah benar. Apasih yang bisa kita lakukan agar terbiasa untuk tidak membuang makanan?


       "Bu, nasinya setengah porsi"

Kita harusnya udah tau seberapa besar kapasitas perut kita masing-masing. Ini poin penting terlebih untuk yang cewek, kalo memang terbiasa makan sedikit, jangan ambil makanan banyak-banyak. Kalau lagi di rumah, ambil makanan secukupnya, kalau lagi di warung makan dan nggak yakin habis, pesenlah makanan setengah porsi. Ingatkan si Bapak Ibu empunya warung “Bu, nasinya setengah porsi” karena kalau kurang, pasti bisa nambah, itu jauh lebih baik daripada kebanyakan lalu nggak abis dan dibuang :-)


      Kenalan sama jenis bahan makanan

Simpan makanan di tempat yang benar dan tepat. Misalnya, makanan jenis semi basah seperti daging, simpanlah di freezer dalam lemari pendingin. Susu cair dalam kemasan pun sebaiknya disimpan di lemari pendingin. Kenapa? Karena ini termasuk cara pencegahan bakteri jahat hidup didalam bahan makanan tersebut sehingga makanan minuman akan bertahan lama dan tidak busuk yang akhirnya dibuang ke tempat sampah :-(



Belanjalah dengan pintar

Bisa untuk saran kita dan ibu kita nih, sebelum belanja penting untuk kita bikin dulu daftar bahan makanan minuman apa saja yang mau dibeli. Maka itu penting pula untuk tau tanggal kadaluarsa makanan yang kita beli. Jadi kita bisa tau kapan harus makan bahan tersebut. Semua ini dilakukan agar makanan yang dibeli nantinya nggak terbuang percuma.


      Pilih buah potong yuk!

Kalau belanja di supermarket, belilah buah potong, bukan buah utuh. Lho, kenapa gitu? Karena buah potong itu buah yang sudah matang sempurna dan tidak bisa bertahan lama. Jadi, selain lebih murah, mendapatkan buah yang kondisinya sangat manis, dan yang terpenting karena sudah potongan lebih kecil jadi pasti langsung kemakan semua nggak akan disimpan lagi untuk dimakan kemudian.


Ini yang terpenting dari semuanya:

Kalo akhirnya terlanjur masak kebanyakan, berbagilah ke tetangga. Kalau terlanjur beli makan kebanyakan, lihat sekitar, berbagilah ke pengemis atau anak jalanan. Daripada ngasih uang yang belum jelas akan dibelikan apa oleh mereka kan, lebih baik berbagi makanan :) Bukankah katanya selama di dalam tubuh orang tersebut mengalir darah hasil makanan pemberian kita, amal ibadah yang dia lakukan, kitapun juga kebagian bukan? ;)
Betapa sering kita lihat berbagai kasus kelaparan di seluruh belahan dunia, pun di Indonesia. Menurut berita, kebiasaan membuang makanan yang dilakukan oleh orang-orang di dunia ini sudah bisa memberi makan untuk 3 miliar orang yang kelaparan. Dari sisi lingkungan, kabarnya, sekitar 14% emisi CO2 di dunia disebabkan oleh makanan yang dibuang, dan itu artinya buang-buang makanan dapat menyebabkan pemanasan global lho.

Jadi gimana, masih mau buang-buang makanan? :-)



0 comments:

Post a Comment