29 January 2014

Ilmuberbagi Goes To Kampung Inggris, Pare

Salah satu program tahunan terbaru kami untuk para adik binaan Ilmu Berbagi, telah sukses kami eksekusi atas kerjasama dengan Global English Pare pada periode 10-25 Januari 2014, Ilmu Berbagi goes to Kampung Inggris Pare. Hadiah kesempatan belajar ke Pare rasanya pantas diberikan kepada mereka, adik-adik binaan Ilmu Berbagi yang berhasil menjadi juara kelas. Pemberian hadiah ini bukan hanya sekedar untuk liburan ataupun bersenang-senang, tapi juga menambah wawasan keilmuan dan pengalaman mereka. Pada akhirnya, tiket menuju Kampung Inggris Pare, Kediri, ada di tangan mereka. Mereka yang terpilih mengikuti program pembinaan Bahasa Inggris di Pare adalah: Reza Pratama, Milang Novita Sari, Alfiatun Ni’mah (dari Sekolah Binaan IB : SMK ITACO-Bekasi), Haniful Sakti (dari SMK Sakti Gemolong-Sragen), dan Hardina Fitri Amalia (dari SMAN 1 Pracimantoro-Wonogiri).
Tanggal 8 Januari 2014 pukul 18.00 adik-adik SMK ITACO berangkat dari Stasiun Gambir dan tiba pada tanggal 9 Januari 2014 pukul 06.00 di Stasiun Jombang. Adik-adik langsung menuju lokasi kantor Global English (GE) di Pare, Kediri untuk bertemu Mas Agus (Manager GE Pare). Setelah bercerita sedikit mengenai perjalanan, mengurus administrasi, kemudian adik-adik Ilmuberbagi diwawancara sebagai tes penempatan program kursus Bahasa Inggris mereka. Reza, Milang, dan Alfi memperoleh program pembinaan Bahasa Inggris berupa kelas pre-speaking, pronunciation 1, dan vocabulary 1. Salah satu kakak officer mengantar kami menuju camp kami. Adik-adik putri menetap di camp female 2 yang lokasinya tepat di depan kantor, sedangkan Reza adik binaan putra kami, menetap di camp male 7 yang berlokasi di Jalan Anyelir, tidak begitu jauh dari kantor GE. Pukul 16.00 adik-adik binaan dari Sragen (Haniful) dan Wonogiri (Hardina) tiba, dan mereka masuk di program pembinaan yang sama dengan adik-adik yang lain.
Head Office Global English Pare, Kediri
Head Office Global English Pare, Kediri

GE Pare 2
Suasana tes wawancara adik binaan IB saat penempatan kelas program binaan

Asrama GE adalah daerah wajib berbahasa Inggris yang memiliki program lepas  Subuh dan program lepas Maghrib. English area ditetapkan lengkap dengan punishment yang berlaku. Bentuk hukuman merupakan kebijakan masing-masing asrama yang dibuat dari hasil musyawarah penghuni asrama. Setiap asrama memiliki dua tutor asrama yang setia mendampingi member untuk pembinaan di luar kelas. Program lepas Subuh diisi dengan materi berbahasa Inggris berupa expression class, sedangkan program lepas Maghrib memiliki kegiatan berbeda setiap harinya. Hari Senin diisi dengan kelas art yang menuntut member untuk unjuk gigi didepan member lain. Hari Selasa merupakan kelas speech yang menuntut member untuk percaya diri berbicara berbahasa Inggris didepan orang banyak. Hari Rabu merupakan kelas debate yang menuntut member untuk berani mengemukakan pendapat dan mempertahankannya, dengan Bahasa Inggris tentunya. Hari Kamis merupakan kegiatan keagamaan yang biasanya diisi dengan yasinan untuk mereka yang muslim. Hari Jumat merupakan program evaluasi asrama, seperti evaluasi hukuman, fasilitas, dan lain-lain.
Hari pertama masuk kelas cukup melelahkan untuk adik-adik binaan. Mencaritahu waktu dan lokasi belajar mereka sendiri. Bersepeda dari satu lokasi ke lokasi belajar yang lain. Membentuk mereka menjadi pribadi yang jauh lebih mandiri. Di hari-hari berikutnya adik-adik binaan sudah mampu beradaptasi dan merasa nyaman dengan lingkungan Kampung Inggris. Saling menceritakan pengalaman satu sama lain setiap harinya di kamar asrama. Setiap hari berlatih cara pengucapan kata-kata dalam Bahasa Inggris, menghafal arti kata dalam Bahasa Inggris, dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh tutor kelas mereka masing-masing.
Jadwal program adik-adik binaan IB
Jadwal program adik-adik binaan IB

Suasana belajar outdoor di GE Pare
Suasana belajar outdoor di GE Pare

GE Pare 6
Suasana belajar indoor di GE Pare

Selain mengasah kemampuan berbahasa Inggris, adik-adik juga meluangkan waktu untuk berkunjung ke tempat wisata di Pare. Di pekan pertama, mereka menuntaskan keinginan berkunjung ke Candi Surowono dan monumen Simpang Lima Gumul. Monumen SLG merupakan pertemuan dari beberapa persimpangan di pusat kota Kediri. Monumen ini dijadikan icon kota Kediri dan mendapat julukan sebagai Paris-nya Indonesia. Di pekan kedua, setelah selesai ujian akhir, adik-adik bersepeda ke Garuda Park dan menyusuri Goa Surowono. Ujian akhir adik-adik binaan berlangsung tanggal 21-22 Januari 2014.
Adik-adik binaan IB di Candi Surowono
Adik-adik binaan IB di Candi Surowono

Monumen Simpang Lima Gumul (SLG)
Monumen Simpang Lima Gumul (SLG)

Waktu yang hanya dua minggu tidak menyurutkan niat dan semangat adik-adik untuk bersahabat dengan Bahasa Inggris. Mereka memanfaatkan waktu semaksimal mungkin untuk terus melatih kemampuan Bahasa Inggris. “Sebelum kesini, pelajaran yang aku benci Bahasa Inggris, sekarang pelajaran yang aku suka adalah Bahasa Inggris” kata Haniful, adik binaan dari SMK Sakti Gemolong. Sebelum kembali ke kota masing-masing, adik-adik binaan Ilmuberbagi membuat waktu pertemuan dengan Mr.Toto (Direktur Global English) dan Mr. Agus (Manager Global English) untuk mendapatkan suntikan motivasi yang berguna untuk kehidupan mereka di kemudian hari sekaligus berpamitan. Adik-adik binaan Ilmuberbagi seakan tidak rela kembali ke kota asal dan melanjutkan pendidikan di sekolah formal masing-masing. Bahkan, mereka semua sudah berjanji satu sama lain untuk akan kembali bersama mengambil pendidikan di Kampung Inggris. Semoga kerjasama antara Ilmuberbagi dan Global English bisa terus terjalin dengan baik. Sesungguhnya, kesempatan yang sama untuk adik-adik binaan Ilmuberbagi yang lain. Besar harapan, sedikit pengalaman ini bisa memotivasi adik-adik binaan Ilmuberbagi lain untuk terus berprestasi.
Adik-adik binaan IB diberi motivasi oleh Mr.Agus (Manager GE Pare)
Adik-adik binaan IB diberi motivasi oleh Mr.Agus (Manager GE)

Adik-adik binaan IB bersama dengan Mr.Toto (Owner GE Pare)
Adik-adik binaan IB bersama dengan Mr.Toto (Owner GE)

Tak lupa, Ilmu Berbagi mengucapkan banyak terima kasih kepada :
-        Mr. Sudarmanto dan Mr. Agus Tri Winarso atas segala bentuk kerjasama dan perhatian kepada adik-adik Ilmuberbagi
-        Para donatur dan sobat Ilmuberbagi atas segala bentuk donasi untuk adik-adik binaan Ilmuberbagi
-        Keluarga dan guru sekolah adik binaan ilmuberbagi atas segala kerjasamanya
-        Mr. Nur yang berkenan mengantar kami dari Stasiun Jombang menuju Global English
-        Mas Hendri Deswiyanto yang berkenan mengantar Haniful dan Hardina dari Solo ke Kampung Inggris, Pare
-        Mr.Fahmi sebagai tutor pronunciation 1, Mr. Run sebagai tutor vocabulary 1, Ms. Siti sebagai tutor pre-speaking, Mr.Fajrin dan Mr. Naldy sebagai tutor camp adik binaan: Reza (SMK ITACO Bekasi)
-        Mr.Fattah sebagai tutor pronunciation 1, Mr. Sukman sebagai tutor vocabulary 1, dan Ms.Ayu sebagai tutor pre-speaking adik binaan: Alfi (SMK ITACO Bekasi)
-        Mr.Ille sebagai tutor pronunciation 1, Mr. Sukman sebagai tutor vocabulary 1, dan Ms.Ayu sebagai tutor pre-speaking adik binaan: Milang (SMK ITACO Bekasi)
-        Mr.Ille sebagai tutor pronunciation 1, Mr. Run sebagai tutor vocabulary 1, dan Ms.Ayu sebagai tutor pre-speaking adik binaan: Hardina (SMAN 1 Pracimantoro)
-        Mr. Fattah sebagai tutor pronunciation, Mr. Sukman sebagai tutor vocabulary 1, dan Ms.Siti sebagai tutor pre-speaking adik binaan: Haniful (SMK Sakti Gemolong)
-        Ms. Ayu dan Ms. Rindu sebagai tutor camp female 2 untuk adik-adik putri
-        Mr. Fajrin yang berkenan mengantar adik-adik binaan ke Stasiun Jombang saat pulang ke kota masing-masing dan segala bentuk bantuan lain untuk adik-adik
-        Kak Citra Pulandi dan Kak Deba Sidiq sebagai roommate kesayangannya adik-adik putri di room 5 female 2
-        Kak Feby, Kak Ariel, Kak Luthfi, dan Kak Taufik sebagai roommate Reza di male 7 yang sangat mengayomi
-        Mr.Temon, Mr. Gesang, dan Mr. Boles bos-bosnya Pare Corner atas jamuannya untuk  adik-adik binaan
-        Pak Totok selaku Bapak Nusantara Camp
-        Seluruh officer dan staff pengajar Global English
-        Dan seluruh pihak yang membantu terselenggaranya program IB goes to Kampung Inggris Pare.
Semoga Allah SWT senantiasa membalas kebaikan Bapak/Ibu/Kakak semua dengan pahala yang berlipat ganda. Semoga kerjasama antara GE Pare dengan Ilmu Berbagi dapat terus terjalin dengan baik.

0 comments:

Post a Comment