25 March 2014

Mi instan tidak sama dengan nasi

Proses pengolahan mi instan yang mudah dan cepat saji, menjadikan masyarakat tidak jarang mengganti menu sarapan, makan siang, dan atau makan malam mereka dengan mi instan. Aktivitas yang satu ini diharapkan jangan dijadikan kebiasaan. Walaupun mi instan dan nasi merupakan bahan pangan berkarbohidrat, tetapi sifat karbohidrat diantara keduanya jelas berbeda.

Ahli teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor Dr. Nuri Andarwulan mengatakan meski nasi dan mi instan sama-sama terdiri dari karbohidrat tapi sifat keduanya berbeda. Sifat karbohidrat mi instan adalah sederhana, sedangkan karbohidrat nasi kompleks. Karbohidrat sederhana memang lebih mudah diserap tubuh, tapi orang tersebut akan lebih cepat merasa lapar. Sedangkan karbohidrat kompleks memberi efek kenyang lebih lama dibandingkan karbohidrat sederhana. 

Sifat mi yang cepat menimbulkan rasa lapar ini bisa membuat orang terus makan untuk menuntaskan rasa laparnya. Akibatnya, orang tersebut bisa menjerumuskan diri pada jurang obesitas. Alasan lain, jika dilihat dari bahan pembuatnya maka kandungan utama dari mi instan adalah karbohidrat dan lemak.

Kalau hanya untuk pengganjal perut, satu bungkus mi instan mungkin bisa dibilang cukup. Tapi tetap tak bisa memenuhi kebutuhan gizi yang diperlukan tubuh. Maka itu, jangan lupa menyantap mi dengan dilengkapi sayuran, telur, atau lauk lain ya! :)

0 comments:

Post a Comment