20 May 2015

Tips packing baju traveling

Urusan pakaian pasti merupakan faktor utama daypack para wanita menjadi full. Keinginan untuk traveling dengan tetap fashionable -jadi bisa tetep hits untuk post foto di akun medsos wkwk- mungkin menjadi tujuan traveling kaum hawa. Haha. Mencicipi beberapa kali perjalanan (masih dalam negeri) hanya dengan satu daypack membuat aku ingin memberikan sedikit tips and trick mengemasi pakaian ;)

1. Pakaian berangkat = pakaian pulang.
Entah kenapa ini selalu menjadi 'peganganku' sedari dulu. Ini bisa dijadikan trick penghematan jumlah pakaian.

2. Pakaian yang digunakan selama perjalanan keberangkatan (maupun pulang) adalah pakaian dengan bobot terbesar.
Jaket, jins, dan sepatu misalnya. Perkakas ini sangat menghabiskan banyak ruang di dalam tas lho. Sementara mungkin ruang untuk satu jins di tasmu seharusnya bisa diisi dengan 2 pasang pakaian bahan kaos. Walaupun kamu ndak berencana pergi ke daerah dingin, menurutku tetap harus bawa jaket. Untuk meminimalisir alasan 'berat', maka kenakanlah langsung. Sepatu ini sifatnya opsional hanya jika medan liburanmu membutuhkan kamu bersepatu. Jika bentuk liburan adalah liburan yang enjoy dan sangat 'enteng', maka aku lebih cenderung menggunakan sandal jepit. Jins pun opsional. Jika memang ingin membawa jins, satu aja cukup untuk digunakan beberapa kali kok hehehe.

3. Jika tujuan traveling kita adalah tempat dimana kita bisa cuci-cuci (dengan syarat cuacapun mendukung untuk jemur-jemur) atau bahkan tersedia jasa laundry, itusih sangat memudahkan ya. Kita bisa membawa pakaian dengan jumlah sgt sedikit tanpa takut kehabisan stok. Yang jadi masalah adalah bagaimana jika kita akan traveling dan stay di lokasi yang tdk memungkinkan untuk cuci-cuci.? Aku selalu mencermati bagian ini setiap traveling. Disinilah kemampuan diuji. Memadupadankan pakaian dengan stok terbatas. Aku biasa menghitung pakaian pergiku adalah sejumlah dengan hari pergiku. Misalkan aku berada di lokasi traveling (tidak termasuk waktu keberangkatan dan pulang) selama 4 hari, artinya aku akan membawa 4 pakaian atasan. Untuk pakaian bawahan seperti rok/celana, aku hanya akan membawa  2 stok (warna netral). Alasannya karena bawahan tidak akan terlalu kotor, tidak terlalu terkena keringat, dan bawahan sifatnya lebih fleksibel untuk digunakan dengan atasan apapun. Untuk aku pribadi dan kaum hawa yang berhijab, aku lebih menyarankan untuk membawa dua pcs kerudung (paris dengan warna polos, netral) dan satu bergo (ini masih dengan sumsi pergi 4 hari-an). Warna kerudung dapat disesuaikan dengan warna atasan atau bawahan. Aku sendiri lebih senang memadupadankan dengan warna bawahan. Disini aku kurang merekomendasikan kerudung model pasmina (yang ribet), atau kerudung motif ramai. Hal ini mempersulit penghematan pemakaian. Kerudung dengan motif ttt warna dominasi ttt hanya akan cocok dengan pakaian atasan atau bawahan dengan warna ttt pula. Sangat sayang untuk dijadikan stok berhemat hehehe. Untuk pakaian tidur, jika rencana tidur indoor, maka sebaiknya tidak usah banyak-banyak. Satu atau dua pcs cukup sepertinya. Selain tidur tidak akan mengotorkan pakaian, toh 'siapa yang mau lihat juga'. Selain itu pilih pakaian tidur yang simpel, nyaman utk diri sendiri supaya tidurnya enak, siap traveling di hari berikutnya.

4. Jangan lupa kaos kaki :3 Ini penting lho~

5. Aku ada sedikit tips and trick melipat pakaian. Setiap orang memiliki cara sendiri untuk packing pakaian. Aku lebih senang dengan metode menggulung :))

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:
- Karet gelang atau karet sayur atau karet rambut yang warna warni kecil-kecil (terserah adanya apa)
- Tas kain dengan kapasitas yang lumayan (yang bahannya tentu saja enak, bukan kertas, maupun kain tebal. Hmm biasanya goodie bag seminar gitu juga bisa)

Cara packing:

1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
Sumber: dok.pri
                                                                  
Hihi mohon maaf atas ketidakexpertan dalam memotret. Semoga bermanfaat :3





0 comments:

Post a Comment