25 October 2015

De Mata De Arca Yogyakarta

Bagi teman-teman yang ingin mencari hiburan di Kota Yogyakarta namun memiliki keterbatasan waktu, aku merekomendasikan tempat ini. Berawal dari info ibuku yang katanya di Yogya ada museum unik yang memamerkan patung lilin 3D menyerupai tokoh dunia untuk berfoto ria. Seperti Maddame tussoid di negara-negara lain, katanya. Museum ini terletak di kawasan XT Square, Jalan Veteran Padeyan, Yogyakarta.

Namanya Museum De Arca.
Melihat dari namanya, pantas museum ini dinamakan arca yang artinya adalah patung. Menggunakan istilah "arca" pasti supaya kental unsur budaya Indonesia nya. Setelah memasuki pintu masuk museum, kita akan disuguhkan dengan replika pahlawan Indonesia, tokoh-tokoh sejarah lainnya, tokoh kartun, bahkan aktor dan aktris dunia. Demi menjaga kebersihan lokasi, di tempat ini pengunjung juga tidak diperkenankan menggunakan alas kaki ketika berkeliling.


Museum de arca
Sumber: dok. pri

Selain museum ini, ada baiknya kita juga melipir ke museum sebelah. Ya, letaknya hanya bersebelahan. Berbeda dengan De Arca yang hanya ada di Yogyakarta, museum yang satu ini tidak hanya terdapat di Yogyakarta tetapi sudah ada di beberapa kota besar lain di Indonesia seperti Semarang, Surabaya, dan Palembang.


Namanya Museum De Mata.
Museum ini merupakan museum yang menyajikan beberapa trik dalam seni fotografi. Mengusung konsep background 3 dimensi, maka dengan berfoto kita akan seolah dibawa menikmati suasana sebagaimana tergambar disana. Pada setiap spot foto, kita juga diberi arahan posisi obyek foto dan pengambil foto agar menghasilkan foto yang maksimal.

Ada berbagai patung mulai dari aktor dan aktris terkenal, pahlawan Indonesia, tokoh-tokoh berpengaruh, dan banyak lainnya. - See more at: http://www.dearcamuseum.com/#sthash.BPpCTlKd.dpuf
Ada berbagai patung mulai dari aktor dan aktris terkenal, pahlawan Indonesia, tokoh-tokoh berpengaruh, dan banyak lainnya. - See more at: http://www.dearcamuseum.com/#sthash.BPpCTlKd.dpuf
Museum de mata
Sumber: dok.pri



Harga tiket masuk terusan kedua museum ini adalah Rp 75.000. Sedangkan jam kunjung museum adalah pukul 10.00-20.00.

Selamat berfoto ria \o/

http://www.dearcamuseum.com/
http://www.dematamuseum.com/ 

2 comments: