25 October 2015

Kuntum Nurseries Farm Field

Salah satu lokasi liburan yang dibutuhkan oleh mereka yang penat dengan polusi dan hingar bingar kota besar adalah lokasi yang mengajak kembali ke alam dengan segala sajian yang memanjakan mata dan otak. Bagi warga di Jabodetabek, tempat ini bisa banget dihampiri, lho! Namanya Kuntum Nurseries Farm Field. 

Kuntum Nurseries ini terletak di pinggir Jalan Raya Tajur, Bogor. Disana kita akan disuguhkan dengan bermacam hal mengenai dunia pertanian. Ya pertanian itu luas, bukan? Setelah membayar tiket masuk seharga Rp 40.000 di hari libur, kita dapat menemukan kandang-kandang hewan seperti marmut, kelinci, kambing, domba, dan sapi. Disana juga dijual bermacam bentuk pakan, seperti sayur-sayuran dan pelet yang ditempatkan dalam satu bakul anyaman kayu untuk marmut dan kelinci. Juga ada susu untuk sapi yang dikemaas dalam botol dot susu seperti bayi manusia, ukuran kecil untuk si anak sapi, dan ukuran besar untuk si induk sapi. 
Pakan kelinci dan marmut
Sumber: dok.pri

Setelah puas di kandang hewan mamalia ini, kita dapat melanjutkan perjalanan menuju kandang aves! Disana kita akan disambut oleh ayam-ayam, itik-itik, entok-entok, dan angsa-angsa. Di tempat ini, hewan-hewan hidup sebagaimana habitat mestinya. Pakan yang diberikan pun pakan yang baik. Pengunjung tidak diperkenankan membawa dan memberikan pakan selain yang disediakan oleh pihak Kuntum.  

Kandang domba
Sumber: dok.pri
Kandang marmut
Sumber: dok.pri
Kandang kelinci
Sumber: dok.pri
Kandang kambing
Sumber: dok.pri

Memasuki jam makan siang, Kuntum memiliki rumah makan saung yang sangat sejuk dan nyaman untuk bersantai. Makanan yang disediakan pun bisa merupakan ikan hasil pancingan di danau di dalam area Kuntum. Jika budget yang dibawa terbatas, kita juga diperbolehkan untuk piknik lucu dengan duduk-duduk di sekitar danau dan membuka perbekalan kita. Selain pemandangan danau pemancingan, kita juga dapat menikmati suasana perkebunan lengkap dengan trek berkuda yang lebih menjorok ke dalam lagi.

Kandang aves
Sumber: dok.pri
Perlu diingat bahwa tempat ini tidak hanya untuk mengajak anak-anak bermain dan belajar lebih dekat dengan alam yakni hewan dan tumbuhan, tapi juga sangat bermanfaat untuk tetua yang ingin menikmati kesejukan pikiran, mata, dan hati. Ah :')
Area perkebunan dan trek berkuda

2 comments: