4 September 2017

Berburu Newborn Stuff - Part 2

Setelah berhasil membuat daftar panjang kebutuhan newborn, saatnya mengelompokkan lokasi dan teknis pembelian barang-barang bayi ini! Hihi sebagai calon Mama baru saat itu, aku sangat superduper excited perihal ini! :))

Setiap Ibu pasti ada pertimbangan tersendiri ya mengenai babystuff. Jadi daftar ini bukan daftar mutlak mayoritas Ibu, bukan. Jadi tetap kembali pada masing-masing Ibu mengenai pertimbangan -
Daftar ini merupakan daftar kebutuhan menjelang kelahiran bayi kami yang sudah kami evaluasi seiring berjalannya waktu pasca kelahiran, baik kebutuhan bayi maupun kebutuhanku sebagai Ibu baru:

KEBUTUHAN IBU

1. Tas atau koper atau apapun untuk dibawa ke RS berisi perkakas ibu dan bayi di hari-hari awal kelahiran.
Ini pentiiiiing! Dan sebaiknya disiapkan dari kehamilan usia 7 bulan, karena hanya Allah Yang Tau kapan bayi di kandungan akan kita lahir ke dunia. Siaga jauh lebih baik daripada buru-buru dadakan masukin ini-itu yang akhirnya banyak ndak kebawa dan suami harus bolak-balik rumah. *curhat* *pengalaman* haha. Btw, untuk urusan tas ini, kami bawanya tas jinjing 1 dan daypack 1. Wkwk emang dasar si Bapak cah gunung jadinya tasnya daypack, tidur di samping ranjang ruang ranap RS pun pake sleepingbag wkwk.
Oiya di dalamnya jangan lupa diisi daster kancing untuk belajar menyusui di awal2 kelahiran, quran / zikir pagi petang, perlak, alas/selimut/apa gitu buat alas nifas :)

2. Sarung Melahirkan

3. Pembalut nifas.
Ini harus yang ukuran besaaaaar. Aku hari H pasca melahirkan pakainya pembalut nifas, merk Softex Maternity. Untuk selanjut2nya ku selama masa nifas aku pakai pembalut biasa yang night wings dan panjang hehe. Charm Night misalnya 😆 Lebih murah hehe.

4. Daster (Minimal 6 pcs)
Boleh daster yang kancing depan boleh yang zipper depan. Aku lebih suka yang zipper depan karena lebih praktis dan cepat jika ingin menyusui. Atau piyama kancing depan juga cucok.

5. Breastpad
Aku sedia yang breastpad sekali pakai 1 pack isi 20 pcs, dipakai jika bepergian. Dan 1 pack isi 6 pcs breastpad yang washable. Kalau gakpunya pun gakpapa banget, aku kalau urgent bisa pakai popok hehe, atau hand towel

6. Baju menyusui (Minimal 6 pcs)
Ini bisa kemeja atau baju menyusui kancing depan lainnya. Dipakai jika bepergian. Btw jaman skrg ada kaos menyusui bahkan manset menyusui lho! ;)

7. Alat pumping! Utk ibuk2 yang berencana memberikan asi perah utk bayinya, terutama para mama yang berkarir di luar rumah nih. Berhubung aku adalah mama yang berkarir di ranah domestik haha, saya punya alat pompa asi tapi yang manual. Itupun beli terpaksa karena asi hari H+1 lahiran masih tetesan banget dan bayiku sudah kehausan di ruang bayi sementara aku masih di ruang pemulihan pasca SC. Jadi paksu disuruh bubidan meluncur ke apotek untuk beli alat pumping. Yang ini super mendadak. Kayaknya kudu siap kondisi apapun di lapangan gak ada yang tau. Dan aku kurang ilmu perpompaan karena memang saya wkt hamil berencana dbf. Setelahnya, sesekali bayiku butuh ASIp, aku lebih memilih marmet. Mama Merah pakai Tangan. Hehe. Buat aku lebih mudah efisien dan higienis. Tapiii, super pegeeel hehe. Untuk ibu2 yang berencana pumping, alat2 yang dibutuhin itu selain alat pumping adalah botol asip, freezer asip, cooler bag, ice gel, sterilizer.

8. Booster ASI
ini super relatif yaaaa. Karena booster asi yang sesungguhnya adalah pelukan paksu dan senyuman bayii huhuhu~~ Aku pribadi sejauh ini belum pernah beli produk yang diklaim sebagai booster ASI.

9. Bra menyusui
PENTING kalo menurut akuu. Jadi selain bajunya baju menyusui, ya branya kudu bra menyusui hehe. Aku cuma punya 3 pcs. Dan in syaa Allah cukup :)

10. Apron menyusui
Atau bisa pakai jilbab lebar. Aku lebih suka pakai apron menyusui. Ini hanya aku pakai di kendaraan ajasih dan kalau super darurat. Kalau di tempat umum yang ada ruang menyusui, aku lebih memilih meluncur kesana. Faktor nyaman kali ya hehe.

11. Masker
Wkwk ini hrs punya stok, buat kalo ibuk lagi bapil jadi gak nularin ke anak, kudu dbf apalagi hehe.

12. Counterpain
Koyo boleh XP
iya bakal pegel2 :p

13. Oiya ketinggalan! Korset! Hehe ini macem2 jenisnya. Aku pakai yang tempelan bukan yang cantolan. Apasih namanya? Velcro ya? haha gak tau euy.

14. Terakhir tapi paling penting. Buku.
Ibuk harus banget punya buku. Baca buku. Jadi kita sebagai ibuk2 harus punya ilmu. Kenapa dititipin amanah anak sama Allah? Karena ibuk dirasa sanggup. Gimana biar sanggup? Belajar. Belajarnya dari kapan? Dari merencanakan punya anak :)) Buku tentang parenting, buku mendidik anak berbasis islami, buku medis, buku asi, buku apapun seputar bayi. Baca baca baca. Jaman skrg bisa modal internet sih buk alhamdulillaah ya jaman kita sangat dimudahkan. Aku gak kebayang kalo jadi ibuk2 di jaman dulu hwaaaaa. Tapii, punya buku seputar ilmu anak itu investasi lhooo.

Sekian dari aku apa-apa saja kebutuhanku saat itu yang aku ingat hehe. Nanti kalo inget lagi ditambahi, hehe


1 comment:

  1. congrats ya, berburu newborn stuff memang menyenangkan! diet keto untuk pemula

    ReplyDelete