9 November 2019

Semua anak adalah bintang 9 - 10

Betapa bersyukurnya aku, sebagai orangtua yang bermuamalah di seputar mainan edukasi dan literasi anak, nau termasuk anak yang sangat mencintai buku. Walaupun ibuk bukan seorang book advisor, tapi bagi kami, di usia nau ini, nau mencintai buku, berbinar melihat buku, sudah lebih dari cukup.

Setiap mau tidur, nau nggak pernah kehilangan waktunya untuk membaca buku. Nau selalu merengek ketika dia minta buku sementara aku masih asyik dengan gawaiku. "No no no main hp nggak boleh mama". Seketika ku turuti maunya. Ku letakkan gawai ku dan meraih buku yang di tangannya. Dia sudah dalam posisi mapan siap tidur dengan susu di dotnya haha.

Rutinitas ini sudah berjalan sejak nau 1y. Minta dibacakan buku sebelum tidur. Diceritakan satu buku sampai habis, baginya sudah cukup menyenangkan. Terlihat dari wajah puasnya. Selanjutnya dia sendiri yang membolak-balik dan bergumam dengan buku itu sampai dia tertidur.

Selalu jatuh cinta dengan buku ya non :)

Semua anak adalah bintang - 8

Seputar motorik kasar, nau suka sekali melompat-lompat. Sejauh ini alhamdulillah dia masih tau bahwa melompat hanya boleh di kasur. Selayaknya bermain trampolin, nau melompat-lompat sampai tinggi banget kayak tanpa peduli kalau dirinya bisa jatuh atau keseleo jika posisi jatuhnya salah. Tapi aku perhatikan, matanya benar-benar bahagia berbinar ketika melakukan aktivitas satu ini.

Nau mampu melompat nonstop 60x dalam satu waktu tanpa menjatuhkan diri ke kasur. Kami yang nonton aja capek banget. Aku pribadi pun pasrah liatnya mengingat pasti energinya akan terkuras dari hasil makanan yang masuk pagi tadi. Huaaaa kapan jadi daging :(

Yatapi gimana, makin distop makin dia lakuin.

5 November 2019

Semua anak adalah bintang - 7

au baru coba ku kenalkan dengan mewarnai. Meraba-raba apakah binar matanya di area ini haha. Nau memang termasuk anak yang kenal dengan gawai. Tapi memang kami batasi penggunaannya. Hehe iya ayo judge kami sbg orangtua jahat yang mengenalkan anak dengan gawai :"

Dari gawai, dia mengenal aktivitas mewarnai. Video mengenai mewarnai sangat membuat ia antusias. Lepas dari video itu, dia minta mewarnai. Sebagai ibuk yang juga jualan mainan, untungnya punya stok mewarnai pasir alias sandpainting haha🤣

Dia mau merebut semua perkakasnya dan menolak dibantu sedikitpun. Baiiik hahaha. Akhirnya ambyar semua warna pasir bercampur jadi satu. Gak jadi bisa mewarnai dengan anggun 🤣

3 November 2019

Semua anak adalah bintang - 6

Masih seputar masak-memasak, kami mengenalkan nau dengan ulekan. Ulekan kecil miniii sengaja dibeli buat nau. Wkwk entah darimana oma nau nemu cobek ukuran segini 🤣🤣

Nau tetep semangat 45 kalo urusan dapur. Dari goreng kerupuk, rebus jagung, motong-motong, ulek-ulek, dia suka bangeeet. Apakah ini akan bertahan sampai ia besar? 🤣 nanti nau yg masak ya kalo mama lagi remuk badannya 🤣🤣🤣

Semua anak adalah bintang - 5

Hari ini hari pertama perjuangan kami bertiga dimulai. Ayahnau hari ini ditantang untuk bekerja nonshift. Kami senang, semoga seterusnya seperti ini. Karena raga in syaa Allah lebih sehat karena bekerja di waktu produktif dan tidur di waktu biologis beristirahat.

Ternyata, tidak semulus seindah dan semenyenangkan yang dibayangkan. Terutama olehku. Dibalik rasa syukurku, ada tantangan baru. Tantangan untuk aku dan nau yang gak biasa ditinggal ayahnau lama-lama. Terbiasa dengan lokasi kerja ayah yang alhamdulillah super deket dan ayahnau biasa berangkat mepet dan pulang cepet tepat waktu. Sekarang, hanya harapan. Tanggungjawabnya di kantor lebih besar dibanding kemarin. Amanahnya di kantor lebih sulit dibanding kemarin. Dan waktu untuk di kantor bisa jadi lebih lama dibanding waktu untuk di rumah :"(

Menjalani rutinitas berdua naura selama kurang lebih 12 jam adalah hal yang super sulit untuk aku yang emosinya tidak stabil. Naura si anak pintar yang ndak pernah ngerepotin ini entah kenapa masih belum bisa klik untuk akur-akur 24 jam sama mami :( Ada aja aku marah-marah ke nau :(

Hari ini kami bermain seadanya. Seadanya mainan lawas yang ada di rumah. Tanpa binar di matanya dan hanya ada aku yang selalu marah-marah di tengah adaptasi sulitku ini :( Semoga besok bisa membaik.

Semua anak adalah bintang - 4

Permainan hari ini sederhana. Main-main di rumah aja. Sambil nemenin mama masak. Nau dari usia 1 tahun udah sering mama ajak masak bareng. Dia antusias sekali kalo masak. Kekeuh maunya masuk-masukin semua bumbu, ngeyel mau masukin kecap padahal lagi masak opor :") Keras kepala minta ngaduk sutil. Bahaya? Jelas. Tapi aku memfasilitasi sembari sounding dan tetap pada porsinya. Pada jaraknya dan pada waktunya.

Ketika mulai goreng-goreng ayam yang bakalan ada tragedi meletup letup jelas dia gak aku sertakan, tapi kalau rebus masak sop, dia bisa ikut. Senang sekali nau setiap ikut mama masak! :)